Manfaat Mandi Menggunakan Air Dingin



Ilustrasi mandi.

Membantu menyehatkan tubuh.
Manfaat mandi menggunakan air dingin bukan hanya untuk menghalau suhu udara yang panas. Masih banyak lagi manfaatnya untuk kesehatan. Ini diantaranya:

Kesuburan lelaki
Suhu panas tak baik untuk kesehatan testis dan dipercaya bisa menurunkan jumlah sperma. Jika Anda berencana memiliki anak di masa depan, sebaiknya kurangi kebiasaan untuk mandi menggunakan air hangat.

Meningkatkan sirkulasi darah untuk mengurangi toksin
Ketika air dingin menyentuh kulit, pembuluh darah pada bagian teratas akan berkontraksi. Hal ini menyebabkan sirkulasi darah berkurang, namun, di saat bersamaan, ketika mekanisme aliran darah mulai bekerja kembali secara otomatis, maka sirkulasi darah akan terdorong lebih banyak, yang pada akhirnya meningkatkan sirkulasi darah.

Meningkatkan imunitas
Mandi menggunakan air dingin akan meningkatkan metabolisme, yang pada akhirnya meningkatkan panas tubuh, artinya membantu sistem imun tubuh, mengeluarkan sel-sel darah putih.

Meningkatkan metabolisme
Ketika tubuh merasa dingin, bagian dalam tubuh akan berusaha menciptakan hangat, membuat metabolisme tubuh lebih cepat bergerak dengan membakar lemak dan karbohidrat untuk menjaga tubuh tetap hangat.

Menghindari masalah otot akibat olahraga
Usai olahraga otot akan mengalami peradangan dan perlu dibuat relaks. Mandi menggunakan air dingin lebih disarankan untuk menjaga kekuatan serta massa otot agar serat-serat otot bisa terus merenggang dan berkontraksi, serta kerusakan pada serat otot karena olahraga berlebihan.

Manfaat tambahan
Mandi menggunakan air dingin bisa mengurangi rasa sakit kronis, mengurangi pegal-pegal, menjaga kesehatan rambut, membantu fungsi ginjal, mengurangi pembengkakan dan edema, membantu menjaga warna pada kulit, serta meregulasi sistem saraf otonomik.

Ritme tubuh
Mandi menggunakan air dingin memperdalam pernapasan. Jika Anda merasa kelelahan, mandi menggunakan air dingin justru bisa membantu tidur lebih cepat.
Share this article :
 

Posting Komentar

Silahkan berkomentar bila artikel diatas bermanfaat, serta untuk kemajuan blog ini.

1. Berkomentarlah dg kata-kata yang sopan dan tidak menyinggung.
2. Jangan menyertakan link saat berkomentar.
3. NO SARA !!!! NO SPAMMM !!!

Terima kasih :)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Danie Sharra's Blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger